Doa Yang di Panjatkan Rasulullah Ketika Menghadapai Orang Yang Ngeyel

Doa Yang di Panjatkan Rasulullah Ketika Menghadapai Orang Yang Ngeyel 

Image Credit : www.hidayatullah.com
Dalam bergaul atau bersosialisasi dengn masyarakat kita menemukan watak seseorang yang bermacam - macam , semisal ketika kita berdakwah di masyarakat ,dalam anggapan kita ,kita telah menyampaikan secara gamblang terhadapa suatu kasus / fenomena yang menjadi topik pembahasan bahkan kita telah menjelaskannya dengan di sertai contoh real di masyarakat,banyak mayoritas jamaah kita yang paham dan menyetujui dengan yang kita sampaikan namun mungkin ada beberapa orang yang bisa di bilang gak percayaan / ngeyel .Mereka menganggap omongan kita ini hanya bualan atau omong kosong belaka, namun apakah lantas sikap kita mengajaknya berdebt ? tentu gak demikian ,kita harus menyikapinya dengan sabar dan arif .
Dalam keadaan seperti ini, Rasulullah SAW mencontohkan kepada kita untuk membaca doa sebagai berikut.
يَرْحَمُ اللهُ مُوْسَى قَدْ أُوْذِيَ بِأَكْثَرَ مِنْ هَذَا فَصَبَرَ

Yarhamullâhu Mûsâ qad ûdziya bi aktsara min hâdzâ, fa shabara.

Artinya, “Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada Nabi Musa AS yang telah disakiti lebih banyak dari sekadar ini, lalu ia bersabar.”

Doa ini dibaca Rasulullah SAW ketika menghadapi salah seorang sahabatnya yang dengan ngeyel mempertanyakan keadilan pembagian rampasan perang. Riwayat ini dicantumkan oleh Imam An-Nawawi dalam karyanya Al-Adzkar. (Alhafiz K)

Comments