Doa Yang di Ajarkan Rasulullah Ketika Akan Keluar Rumah Biar Rezeki Berkah

Doa Yang di Ajarkan Rasulullah Ketika Akan Keluar Rumah Biar Rezeki Berkah 

Ada sebagian orang yang mempercayai tentang hoki, hari baik,hari buruk.Sah sah saja mereka berpendapat seperti itu .Dalam tradisi jawa juga yang saya tahu ada seperti pantangan - pantangan semisal dilarang membuat rumah pada hari tertentu, di larang menikah di bulan tertentu. Kita juga sudah sepatutnya untuk menghargai kerifan lokal tersebut namun untuk percaya atau tidaknya kembali ke pribadi masing - masing.
Kalau saya pribadi memandang keberagaman pendapat ini tidak perlu untuk di perdebatkan. Saya pribadi meyakini bahwa tidak ada ada hari yang buruk untuk melakukan kebaiakn sekecil apapun itu asal kita niatkan karena Alloh SWT .Rasulullah sendiri mengajarkan kepada umatnya ketika akan bepergian keluar rumah untuk mencari rezeki agar membaca doa di bawah ini :


بِسْمِ اللهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِيْنِيْ. اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ


Bismillâhi ‘ala nafsî wa mâlî wa dînî. Allâhumma radhdhinî bi qadhâ’ika, wa bârik lî fîmâ quddira lî hattâ lâ uhibba ta‘jîla mâ akhkharta, wa lâ ta’khîra mâ ‘ajjalta.
Artinya, “Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan-Mu. Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang Kautunda dan enggan menunda apa yang Kausegerakan.”
Agar kita di mudahakan dalam mencari rezeki dan di berikan rezeki yang berkah.

Dengan doa di atas kita berharap kepada Allah untuk membuka pintu-pintu rezeki di luar rumah dari penjuru manapun . Kita juga memohon kepada-Nya untuk memberikan ketenteraman batin kita di tengah kondisi kritis dalam hal finansial misalnya .

Riwayat ini dapat disebutkan oleh Imam An-Nawawi dalam karyanya Al-Adzkarul Muntakhabah min Kalami Sayyidil Abrar, yang biasa disebut Al-Adzkar.

Comments