Doa Pagari Anak-anak dari Bahaya Pandangan Jahat (Penyakit Ain)

Doa Pagari Anak-anak dari Bahaya Pandangan Jahat (Penyakit Ain)

Ilustrasi Gambar : Pixabay
Anak adalah anugerah dari Alloh Swt  yang berharga ,yang tak semua orang bisa mendapatkannya.Di satu sisi ada sebagian manusia yang dengan tega membunuh anaknya ,darah dagingnya sendiri yang baru saja di lahirkan atau masih dalam kandungan dengan alasan menutupi aib karena di lahirkan di luar nikah naudzubillahimindzalik namun di sisi lain juga ada orang yang bertahun tahun lamanya menanti kehadiran sang buah hati untuk menambah kabahagiaan dalam bingaki rumah tangga serat sebagai generasi penerusnya kelak. Menjaga dan meberikan pendidikan terbaik untuk sang anak merupakan kewajiban kedua orang tua yang di pikulnya yang kelak pertanggung jawaban nya kan di tanyakan di akhirat. Ada salah satu hikmah dari Rasulullah yang bisa kita teladani yakni Rasulullah SAW selalu meminta perlindungan kepada Alloh SWT untuk putranya hasan dan husein ketika masih kank - kanak dari gangguan setan dan pengaruh pandangan mata jahat dan hasut, karena pandangan sangat berdampak pada kesehatan rohani dan jasmani sang anak .
Di samping pandangan jahat penuh kedengkian, pandangan takjub dan senang meluap-luap tanpa dibarengi dzikrullah juga dapat membawa pengaruh negatif terhadap objeknya. Pernah dikisahkan sebanyak 70.000 penduduk meninggal dunia seketika setelah salah seorang nabi di masa dahulu yang melewati negeri mereka memandang takjub akan padat penduduk dan makmurnya mereka.

Untuk itu Rasulullah SAW mengajarkan doa sebagai berikut untuk melindungi anak-anak dari semua pengaruh tersebut.

أُعِيْذُكَ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ. اَللَّهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ وَلَا تَضُرَّهُ

U‘îdzuka bikalimâtillâhit tâmmati min kulli syaithânin, wa hâmmatin, wa min kulii ‘ainin lâmmah. Allâhumma bârik fîhi, wa lâ tadhurrah.


Artinya, “Aku menyerahkan perlindunganmu dengan kalimat Allah yang sempurna dari segala gangguan setan, binatang melata/serangga, dan segala pengaruh mata jahat. Tuhanku, turunkan keberkahan-Mu pada anak ini. Jangan izinkan sesuatu membuatnya celaka.”
Doa ini diangkat oleh Imam Nawawi dalam karyany Al-Adzkar. Di dalam karyanya itu, ia menyebutkan sejumlah hadits yang berkenaan dengan sejumlah gangguan yang dapat menyebabkan mudarat pada anak-anak. Rasulullah SAW mengajarkan bahwa memandang takjub pada anak-anak sebaiknya dibarengi dengan doa keberkahan untuk mereka. (Alhafiz K).

Comments