Doa Ketika di Traktir Makan Seseorang

Doa Ketika di Traktir Makan Seseorang 

 

Agama Islam adalah agama kaffah mengatur segala hal menyangkut ubudiyah ,syariah dan lainnya ,termasuk dalam hal makan pun islam secara tegas dan rinci mengaturnya .Dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi artikel tentang doa seseorang ketika di traktir makan,ternyata ada lo doanya, barang kali dari teman - teman baru ada yang tahu seperti saya ini hehehe. Dalam islam sendiri dalam hal makan sebelum dan sesudahnya pun ada doanya .Jika sebelum makan kita di anjurkan berdoa agar makanan yang kita makan penuh kleberkahan dan sesudahnya kita juga di anjurkan berdoa sebagai wujud rasa syukur kita kepada Alloh SWT yang telah memberikan rezeki kepada kita wujud makanan .  Tetapi ketika ditraktir makan ternyata kita juga dianjurkan untuk berterima kasih kepada yang bersangkutan .
Selain sebagai wujud terterima kasih, Rasulullah SAW juga mengajarkan ita untuk mendoakan orang yang mentraktir kita. Demikian ini doanya.
اللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيمَا رَزَقَتْهُمْ وَاغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ

Allâhumma bârik lahum fî mâ razaqtahum, waghfir lahum, warhamhum.

Artinya, “Tuhanku, berkatilah mereka (yang mentraktirku) pada nikmat yang Kau anugerahkan kepada mereka. Ampuni dan rahmatilah mereka.”

Doa ini dibaca oleh Rasulullah SAW ketika salah seorang sahabatnya memberinya makan. Hadits ini disebutkan Imam Nawawi dalam karyanya Al-Adzkar. (Alhafiz K).

Comments