Doa Istighfar yang di baca Rasulullah Ketika Bersujud

Doa Istighfar yang di baca Rasulullah Ketika Bersujud

Sujud adalah moment paling penting dalam sholat, dalam sujud menunjukkan penghambaan seorang manusia betapa rendahnya di hadapan sang maha pencipta Alloh SWT. 
Image Credit : pixabay
sebagian muslim bahkan ada yang berpendapat bahwa ketika sujud adalah moment yang penuh nikmat, karena ketenangan batin akan kita rasakan di saat itu. Dalam sujud pun doa yang bisa baca ada banyak versi dan itu mempunyai landasan hadits masing - masing ,tak perlu untuk kita bahas lebih dalam perbedaaan nya karena semua itu benar dan saha. Rasulullah sendiri mempunyai doa sendiri yang ia baca ketika bersujud yakni doa di bawah ini :

Istighfar ini dibaca Rasulullah SAW di salah satu sujudnya.
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ ذَنْبِيْ كُلَّه دِقَّهُ وَجُلَّه ، وَأَوَّلَهُ وَآخِرَه ، وَعَلَانِيَتَهُ وَسِرَّه

Allâhummaghfirlî dzanbî kullah, diqqahû wa jullah, wa awwalahû wa âkhirah, wa ‘alâniyatahû wa sirrah.

Artinya, “Tuhanku, ampunilah aku dari segala dosa baik kecil maupun besar, awal maupun akhir, dan dosa yang terang-terangan maupun yang tersembunyi.”
Beberapa dari kita mungkin secara gamblang dapat memahami dari lafadz doa dia atas tampak begitu kompleks dan menyeluruh . Rasulullah memohon kepada Alloh SWT untuk di ampuni segala dosa - dosanya , baik itu dosa besar maupun dosa kecil,dosa yang telah di lakukan di awal ( dahulu ) ataupun dosa yang di lakukan di akhir ( sekarang atau baru -baru ini ),dosa yang di kerjakan di waktu terang terangan ataupun dosa yang di lakukan dengan sembunyi - sembunyi.
 Riwayat permohonan ampunan dosa ini disebutkan oleh Imam Nawawi di dalam karyanya Al-Adzka.

Comments